iklan

Tutorial Singkat Penggunaan Aplikasi Raport K13 Guru Sunardi

Pertama yang diisi adalah DATA BASE, isilah secara lengkap

Bagaimana menilai Sikap (KI1 dan KI2
Jika anak baik2 saja dalam kesehariannya maka diberi nilai 0 saja bu. Diasumsikan anak yang baik
Jika anak berperilaku menonjol negatif maka berilah nilai -1,-2 dst...(tergantung berapa kali anak itu berbuat negatif).
Sama juga jika anak berperilaku menonjol positif maka berilah nilai 1,2 dst...(tergantung berapa kali anak itu berbuat menonjol positif).

Bagaimana mengisi PJOK, PAI dan Mulok-mulok?
Minta nilai akhir saja diguru Mapel/Mulokta lalu inputkan atau copy masuk ke aplikasi guru kelas. Nilai akhir itu adalah Nilai, Predikat, dan Deskripsi. Untuk Aplikasi PAI dan PJOK ada tersendiri Bpk/Ibu, donasinya sama dengan aplikasi guru kelas.

Bagaimana mengisi nilai Pengetahuan (KI-3)?
Yakni menyesuaikan dengan KD yang ada. Misalnya P1 (Penilaian tema 1), lihat KD apa saja yang ada di buku tema 1, misalnya terdapat KD 3.2 di tema 1. Maka KD 3.2 itu saja yang diisi pada P1 (penilaian tema 1). Jadi nanti akan banyak kolom yang tidak terisi. Karena yang diisi hanya berdasrkan pemetaan KD saja.

Bagaimana mengisi nilai Keterampilan (KI-4)?
Yakni menyesuaikannya saja dengan KD. Contoh KD tentang menari hanya cocok di Praktek, tidak cocok di produk apalagi proyek. Jai KI4 ini disesuaikan saja KD nya dengan jenis penilaian yang sesuai. Tidak perlu menyesuaikan dengan pemetaan KD.

Bagaimana memindahkan nilai PAI/PJOK atau MULOK ke Aplikasi Guru Kelas?
Buka dua aplikasi. Aplikasi kelas dan aplikasi PAI. lalu ketik sama dengan diaplikasi rapor kelas. lalu klik yang mau dipindahkan di aplikasi PAI. Setelah itu enter. Sudah pindah itu. Setelah itu di copy (tarik saja kebawah. Sdh terpindah itu satu kolom

Tentang KKM Satuan pendidikan
Yakni dengan mengumpulkan semua KKM kelas-kelas lalu di cari KKM mapel terendah dari tiap-tiap kelas. KKM terendah itulah yang menjadi standar predikat di raport. Disebut  KKM satuan pendidikan, seperti pada gambar berikut:

Bagaimana mencetak raport
Ketiklah nomor urut anak pada sudut kanan atas raport lalu enter. Nomor urut yang diketik menunjukkan raport anak itu. silahkan diatur lalu control print

Catatan Tambahan:
1. Jika Siswa anda lebih dari 40 orang siswa, gandakanlah aplikasinya menjadi dua. Satu aplikasi untuk siswa laki-laki dan satu lagi aplikasi untuk siswa perempuan

2. Mohon jangan mengetik di REKAP NILAI dan CETAK RAPORT, karena tidak dikunci. Agar rumusnya tidak terhapus. Hanya dibolehkan mengatur/menarik kolom dan baris.

Info selanjutnya silahkan WA ke 085255634599


Guru Sunardi Guru, Trainer Guru, Blogger, Youtuber, Mentor Menulis Buku, Penyedia Aplikasi Raport, Aplikasi SKHU. Saya juga suka pada dunia Desain dan Enterpreunership.

Belum ada Komentar untuk "Tutorial Singkat Penggunaan Aplikasi Raport K13 Guru Sunardi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel