iklan

SOAL dan JAWABAN TVRI Senin 24 Agustus 2020 SD Kelas 1 2 3, Sahabat Pemberani Pencuri Misterius

Program belajar dari rumah (BDR) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini tayang di TVRI pekan ke-20. Program BDR ini sebagai alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah karena terdampak masa pandemi Covid-19.

Khusus untuk materi SD kelas 1 2 dan 3 yang tayang pukul 08.30 - 09.00 WIB membahas Materi Sahabat Pemberani: Pencuri Misterius.

Pada tayangan sahabat pemberani: pencuri misterius kali ini menceritakan Krisna yang kehilangan mainan pesawat terbang miliknya. Pencuri datang mengambil mainan pesawat terbang Krisna lalu pergi berlari. Ketika Krisna keluar rumah ita tidak melihat mainan pesawat terbangnya. Krisna melihat seseorang lari membawa peswat mainan, Krisna pun mengejarnya. Di ujung jalan Krisna kehilangan jejak orang yang membawa lari mainan pesawat terbangnya. Krisna pun menangis.

Adik-adik selain diminta untuk menyimak pembahasan dalam tayangan juga akan diminta menjawab soal-soal berikut sebagai tugas.

Berikut www.gurusunardi.co.id akan membahas soal dan jawabannya untuk kelas 1 2 3 berikut ini:

Soal

1.     Mengapa kita tidak boleh mengambil barang milik orang lain?

2.     Apa yang harus kita lakukan jika teman kita mencuri?

3.     Bagaimana cara kira membantu teman yang tidak memiliki mainan?

Jawaban

1.     Mengambil barang milik orang lain tanpa ijin adalah mencuri. Mencuri merupakan perbuatan tidak baik, bahkan melanggar hukum. Mengambil barang milik orang lain berarti merampas hak orang.

Jika kita mengambil barang milik orang lain, kita sudah berbuat jahat bahkan membuat orang sedih atau kebingungan karena kehilangan barangnya.

2.     Kita tentu sudah mengetahui mencuri adalah perbuatan yang buruk. Jik ateman kita mencuri, maka kita harus mengingatkannya untuk mengembalikan barang yang dicuri lalu meminta maaf.

Jika teman kita tidak bisa diingatkan, sebaiknya kita melaporkan pada yang lebih tua seperti orang tua atau guru.

3.     Kita bisa membantu teman yang tidak memiliki mainanan dengan meminjamkan mainan kita lalu bermain bersama. Jika kita mempunyai mainan-mainan yang tidak terpakai, kita juga bisa memberikannya pada teman yang tidak memiliki mainan.

Contohnya seperti yang dilakukan Panji, Krisna dan Kirana.  Untuk menghukum Doki yang sudah mencuri pesawat, Doki diminta memberikan mainannya pada seorang pemulung dan adiknya.

Disclaimer: Kunci jawaban artikel ini hanya digunakan oleh orangtua untuk memandu proses belajar anak dari rumah.

Guru Sunardi Guru, Trainer Guru, Blogger, Youtuber, Mentor Menulis Buku, Penyedia Aplikasi Raport, Aplikasi SKHU. Saya juga suka pada dunia Desain dan Enterpreunership.

Belum ada Komentar untuk "SOAL dan JAWABAN TVRI Senin 24 Agustus 2020 SD Kelas 1 2 3, Sahabat Pemberani Pencuri Misterius"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel