iklan

3.1.a.7 Jurnal Monolog Demonstrasi Kontekstual Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran


Ini adalah tugas saya sebagai guru penggerak pada modul 3.1, tepatnya 3.1.a.7 Jurnal Monolog Demonstrasi Kontekstual Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran.

DEMONSTRASI KONTEKSTUAL
Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran
Oleh : Sunardi, S.Pd., M.Pd.

Pendidikan Guru Penggerak adalah salah satu program Kementrian Pendidikan yang dapat megubah pola pikir guru tentang bagaimana memperlakukan murid, bagaimana memimpin pembelajaran, bagaimana manajemen sekolah, bagaiaman hubungan dengan teman sejawat dan orang tua murid, bagaimana pengambilan keputusan yang baik dan banyak lagi hal lain yang dipelajari di dalamnya. Guru yang mengikuti program ini tentu akan merasakan perubahan baru dalam dirinya, untuk mengemban tugasnya sebagai guru.

Salah satu materi yang saya pelajari dalam program guru penggerak ini adalah pengambilan keputusan. Sebagai pendidik kita sering kali diperhadapkan pada situasi dimana kita harus mengambil keputusan yang tepat. Dalam modul 3.1 itu dijelaskan, ada yang namanya dilema etika dan bujukan moral. 

Apa itu dilema etika dan bujukan moral? berikut penjelasannya.

Dilema etika itu adalah kondisi dimana seseorang harus mengabil salah satu keputusan dari benar dan benar, ini sulit karena keduanya sama-sama benar. Dilema etika ini dikategorikan menjadi 4 yaitu:

  1. Individu vs masyarakat, Yaitu dilema yang dialami oleh seseorang, dimana terjadi benturan antara kepentingan pribadi dengan kepentingan orang banyak.

  2. Rasa keadilan vs rasa kasihan, yaitu dilema yang dialami seseorang, dimana orang tersebut dihadapkan pada permasalahan yang melibatkan keadilan dan rasa kasihan.

  3. Kebenaran vs kesetiaan, yaitu dilema yang mengharuskan seseorang memilih antara kebenaran yang ia yakini dengan kesetiaannya.

  4. Jangka pendek VS jangka panjang, yaitu dilema yang dihadapi oleh seseorang , butuh pemikiran yang matang akan efek jangka panjang dan jangka pendek dari permasalahan tersebut.

Nah, dalam pengambilan keputusan juga perlu mempertimbangkan 3 macam keputusanyaitu:

  1. Berfikir berbasis hasil akhir (End Based Thingking)

  2. Berfikir Berbasis Rasa Peduli ( Care Based Thingking)

  3. Berfikir Berbasis Peraturan (Rule Based Thingking)

3 prinsip pengambilan keputusan tersebut dapat digunakan untuk memetakan permasalahan yang sedang terjadi, sehingga dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan yang ada. 

Agar keputusan yang kita ambil sempurna, maka keputusan kita perlu pengujian. Dan itu saya coba terapkan, di dalam modul ini dipelajari ada 9 pengujian pengambilan keputusan, yaitu:

  1. Menggali nilai-nilai yang bertentangan

  2. Mengidentifiasi siapa yang terlibat

  3. mengumpulan fakta-fakta yang relevan

  4. pengujian benar atau salah

  5. Buat keputusan

  6. Identifikasi opsi trilema

  7. melakukan prinsip resolusi

  8. Paradigma pengujian benar lawan benar

  9. lihat lagi keputusan dan refleksikan.

Disetiap permasalahan yang saya alami di kelas/disekolah saya akan mencoba menerapkan konsep-konsep di atas. Adapun langkah-langkah yang saya lakukan adalah:

  1. Melakukan diskusi ringan dengan teman sejawat saya mengenai permasalahan apa yang tengah dan sering mereka hadapi di sekolah, baik dengan siswa ataupun masalah dalam pekerjaannya

  2. Memetakan permasalahan yang sedang dihadapi atau yang sedang terjadi di sekolah, apakah termasuk dilema etika atau bujukan moral

  3. Meminta izin kepada kepala sekolah untuk mengadakan sosialisasi kepada rekan-rekan sejawat, dan mengagendakan waktu pelaksanaannya, sehingga mengganggu jam wajib guru.

  4. melakukan sosialisasi kepada rekan-rekan sesama guru mengenai langkah-langkah pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran.

  5. Mendampingi teman sejawat dalam penerapan pengambilan keputusan berdasarkan dilema yang sedang mereka hadapi.

  6. melakukan evaluasi mengenai sejauh mana pemahaman teman sejawat mengenai sosialisasi yang telah saya lakukan.

Saya berencana untuk melakukan sosialisasi ini pada hari Sabtu, 23 Oktober 2021. hari ini saya pilih karena tidak ada pembelajaran di sekolah kami, sehingga tidak mengganggu proses belajar mengajar

Dalam pelaksanaannya, saya akan meminta bimbingan dari pengajar praktik saya, rekan CGP yang dekat dengan sekolah saya dan Kepala sekolah saya yang kebetulan juga sebagai pengajar praktik.

Dengan adanya komunikasi yang baik, maka kami dapat berkolaborasi dan bertukar pikiran, sehingga jika nantinya saya mendapatkan kendala dalam pelaksanaannya, saya dapat menemukan solusinya melalui kegiatan diskusi dan saling berbagi pengalaman mengenai kegiatan yang sama-sama sudah kita laksanakan.


 


Guru Sunardi I am a teacher. Selengkapnya bisa lihat di halaman "About Me' di blog ini

Belum ada Komentar untuk "3.1.a.7 Jurnal Monolog Demonstrasi Kontekstual Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel