iklan

7 Amalan di 10 Hari Pertama Dzulhijjah

Kita sedang berada di interval 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah. Sebagaimana yang dilansir dalam laman republika bahwa 10 hari pertama Dzulhijjah dianggap lebih baik daripada semua hari lainnya dalam setahun.  Alquran menyebutkan, "Dan berzikirlah kepada Allah pada hari yang telah ditentukan jumlahnya" (QS Al Baqarah ayat 203). Banyak ulama percaya bahwa ayat-ayat ini secara khusus berhubungan dengan 10 hari pertama Dzulhijjah.

Juga Sabda Rasulullah SAW:

Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu : Sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah. Mereka bertanya : Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah ?. Beliau menjawab : Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun”. (HR. Bukhari).

Berikut 7 amalan utama yang dilakukan di bulan Dzulhijjah

Sholat

Para ulama mengatakan meningkatkan shalat adalah cara yang bagus untuk memastikan bahwa Anda memanfaatkan hari-hari ini sebaik-baiknya. Mulailah dengan shalat wajib lima waktu, dan jika Anda mampu perbanyaklah sholat sunnah.

Sholat dianggap sebagai salah satu ibadah besar dalam Islam. Sangat dianjurkan untuk melakukannya secara berjamaah seperti yang disebutkan dalam Alquran: "Dan laksanakanlah salat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang yang rukuk" (QS Al Baqarah ayat 43).

Puasa sembilan hari pertama

Nabi Muhammad ï·º akan berpuasa sembilan hari pertama Dzulhijjah. Untuk itu, sangat dianjurkan agar umat Islam mengikuti teladannya, dan mengambil ini sebagai kesempatan untuk memuaskan jiwa sambil menahan diri dari makanan dan minuman. 

Puasa adalah ibadah dan pengabdian yang dapat dilakukan pada sembilan hari pertama bagi mereka yang tidak ikut ibadah haji. Umat ​​Islam tidak boleh berpuasa pada hari ke-10, yaitu hari ketika perayaan Idul Adha dimulai.

Puasa Arafah

Muslim sangat dianjurkan untuk berpuasa pada hari Arafah. Para ulama mengatakan bahwa jika seseorang tidak mampu untuk berpuasa selama sembilan hari, ia dapat berpuasa setidaknya pada hari ke-9 Dzulhijjah, yang dikenal sebagai Hari Arafah.

"Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Assyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas" (HR. Muslim).

Dzikir (Mengingat Allah)

Selama hari-hari ini dianjurkan untuk menyatakan kebesaran dan kemuliaan Allah Ta'ala. Para ulama mengatakan itu adalah sunnah Nabi Muhammad untuk mengatakan tahmid, takbir, tahlil dan tasbih selama sepuluh hari pertama Dzulhijjah.

“Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal saleh di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya daripada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Dzulhijjah), karenanya perbanyaklah tahlil, takbir, dan tahmid di dalamnya,” (HR Ahmad).

Qurban

Selama Dzulhijjah, kepala setiap rumah tangga Muslim harus mengorbankan seekor hewan qurban dan membagikan dagingnya kepada orang miskin dan membutuhkan serta keluarga, teman dan tetangga. Mereka juga dapat menyalurkan hewan qurban lewat masjid.

Tindakan ini memperingati kisah Nabi Ibrahim dan kesediaannya untuk tunduk pada kehendak Allah Ta'ala.  Bagi umat Islam saat ini, itu berfungsi sebagai ekspresi kesalehan.

"Siapa saja yang memiliki hewan untuk dijadikan hewan kurban, maka ketika sudah tiba bulan Dzulhijjah tidak boleh memotong apa pun dari rambut dan kukunya sampai (selesai) menyembelih" (HR. Muslim).

Pertobatan

Sebuah tindakan besar ibadah dalam Islam adalah untuk mencari pengampunan Tuhan. Selama hari-hari ini, setiap hamba memiliki kesempatan untuk bertobat atas dosa-dosa yang telah mereka lakukan dan berharap pada belas kasihan Allah Ta'ala. 

Katakanlah, "Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang (QS. Az-Zumar Ayat 53)

Perbanyak perbuatan baik

Seorang muslim dianjurkan untuk menyibukkan diri dengan ibadah lainnya seperti mengingat Allah, membaca Alquran, berdoa, bersedekah, berbakti kepada orang tua dan perbuatan baik umum lainnya.

Guru Sunardi I am a teacher. Selengkapnya bisa lihat di halaman "About Me' di blog ini

Belum ada Komentar untuk "7 Amalan di 10 Hari Pertama Dzulhijjah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel