iklan

Berdzikirlah maka hatimu akan tenang

Setiap orang membutuhkan ketenangan hati. Dalam agama islam, Allah SWT telah memberikan kita cara agar hidup menjadi tenang. Ini disampaikan oleh Allah SWT dalam QS. Ar Ra'd, surah 13 ayat 28 bahwa berzikir dengan mengingat nama agung Allah atau Asmaul Husna akan membuat hati menjadi tenang.

Selain itu, kandungan utama yang dibawa dalam surat dengan total 43 ayat ini, membahas tentang masalah tauhid, ma'ad, wahyu, dan ajakan kepada manusia untuk berpikir tentang kondisi dan nasib yang menimpa umat-umat terdahulu. Sekaligus peristiwa-peristiwa yang berlaku di alam semesta.

Dari Abu Asy Syaikh dalam buku Al-Itqan fi Ulumil Qur'an: Samudra Ilmu-Ilmu al-Qur'an karya Imam Jaluddin al-Suyuthi, mengeluarkan riwayat dari Qatadah yang menyebutkan bahwa surah ini turun di kota Madinah dan tergolong dalam surah Madaniyah kecuali satu ayatnya.

Adapun bacaan surat Ar Ra'd ayat 28 yang menyinggung soal keutaman berzikir, dapat disimak selengkapnya pada pemaparan berikut,

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوب

Artinya: "(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram."

Melansir dari tafisr Al Quran Kemenag, surat ini menjelaskan tentang keutamaan berzikir dengan mengingat nama Allah SWT. Melalui zikir, mereka akan menjalani kehidupan sehari-hari dengan hati yang tentram dan jiwa yang tenang.

Keadaan tersebut dapat mendorong seseorang untuk melakukan hal-hal baik dan merasa bahagia dengan segala kebajikan yang dilakukannya.

"Dengan mengingat Allah, hati menjadi tenteram dan jiwa menjadi tenang, tidak merasa gelisah, takut, ataupun khawatir," tulis Kemenag.

Senada dengan itu, tafsir dari Ibnu Katsir menyebutkan kalimat 'hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram' dalam surah13 ayat 28 juga dapat bermakna Allah SWT adalah Dzat yang wajib diingat hambaNya.

Sebab itulah, melalui surat ini, Allah SWT secara tersirat menganjurkan umatnya untuk berzikir. Pasalnya, secara istilah zikir memiliki arti menyebut dan mengucapkan nama Allah SWT (asmaul husna) atau menjagaNya dalam ingatan (mengingat).

Keutamaan zikir lainnya juga pernah disebutkan Rasulullah SAW dalam salah satu haditsnya. Beliau bersabda,

"Sungguh, aku duduk bersama beberapa orang yang berdzikir kepada Allah SWT setelah salat Subuh hingga matahari terbit lebih aku sukai daripada memerdekakan empat keturunan Nabi Ismail. Sungguh, aku duduk bersama beberapa orang yang berzikir kepada Allah Ta'ala setelah salat Ashar hingga terbenamnya matahari lebih aku sukai daripada memerdekakan empat orang." (HR Abu Dawud dan dihasankan oleh Syekh Al-Albani dalam Shahih Abi Dawud 2/698).

Wallahu a'lam


Guru Sunardi I am a teacher. Selengkapnya bisa lihat di halaman "About Me' di blog ini

Belum ada Komentar untuk "Berdzikirlah maka hatimu akan tenang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel