iklan

Jika engkau sedang malas menulis

Sangat manusiawi jika manusia itu malas. Karenanya perlu ada usaha untuk selalu membangkitkan semangat dalam menulis. 
Pernahkah kita memikirkan bagaimana Imam Al Ghazali melahirkan sebuah karya. Beliau menulis dalam keterbatasan. Mungkin menulis dengan penerangan yang seadanya menggunakan pena bulu ayam yang dicelupkan ke tinta. Tak lama kemudian tintanya habis lalu dicelupkan lagi dan seterusnya. Namun hasilnya luar biasa, karya beliau banyak dan sangat monumental. Ini baik sebagai inspirasi dan motivasi pada saat sedang malas menulis.
Demikian juga sastrawan Prof. Buya Hamka, beliau justru menyelesaikan karya tafsir Al Azhar nya di dalam penjara. Bisa dibayangkan bagaimana terbatasnya, ruang gerak yang terbatas, referensi yang terbatas dan seterusnya. Ini tentu sangat berbeda dengan kita saat ini yang serba mudah, mudah mendapatkan inspirasi, media menulis yang sangat mudah dibawa kemana-mana. Semua itu seakan menepis alasan bahwa menulis itu berat dan susah. 
Namun jika rasa malas masih menggerogoti, maka motivasi berikut bisa membantu untuk terus semangat berkarya dan menulis.

Ali Bin Abi Thalib ra  (Sahabat Rasulullah)
“Ikatlah ilmu dengan menulis” .

Imam Al-Ghazali ( Ulama termasyur ) 
“Kalau kamu bukan anak raja dan engkau bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis”.

Fatimah Mernissi 
"Usahakan menulis setiap hari. Niscaya, kulit anda akan menjadi segar kembali akibat kandungan manfaat yang luar biasa"
Barbara 
“Menulis merangsang pemikiran, jadi saat anda tidak bisa memikirkan sesuatu untuk di tulis, tetaplah mencoba untuk menulis”.

Stephen King (Penulis Amerika)
“Menulis adalah mencipta, dalam suatu penciptaan seseorang mengarahkan tidak hanya semua pengetahuan, daya, dan kemampuannya saja, tetapi ia sertakan seluruh jiwa dan nafas hidupnya.” 

“Ketika seorang penulis hanya menunggu, maka sebenarnya ia belum menjadi dirinya sendiri” 

“Kita tidak harus menunggu datangnya inspirasi itu kita sendirilah yang menciptakannya” 

“Membaca adalah pusat yang tidak bisa dihindari oleh seorang penulis” 

“Untuk menjadi penulis, yang dibutuhkan hanyalah kemauan keras untuk menulis dan kemudian mempraktekkannya, orang yang hanya mempunyai kemauan untuk menulis namun tidak pernah melakukannya maka ia sama saja dengan bermimpi untuk memiliki mobil, tanpa ada usaha dan kerja keras untuk memilikinya”

Pramoedya Ananta Toer  ( Novelis Indonesia ) 
“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian”

J.K. Rowling ( Novelis  ) 
“Mulailah dengan menuliskan hal-hal yang kau ketahui. Tulislah tentang pengalaman dan perasaanmu sendiri”.

Kuntowijoyo ( Penyair )
“Syarat untuk menjadi penulis ada tig, yaitu: menulis, menulis, menulis”

Hernowo  ( Penulis ) 
“Penulis yang baik, karena ia menjadi pembaca yang baik

Semangat menulis juga dapat dibangun melalui komunitas menulis karena didalamnya akan ada saling suport satu orang dengan yang lainnya.

Dan banyak lagi motivasi lainnya. Akhirnya, selamat menulis. Semoga kita semua senantiasa diberikan semangat agar dapat menuangkan segala hal dalam kehidupan ini ke dalam tulisan yang membawa manfaat, hingga akhir hayat. Amin.
Guru Sunardi Guru, Trainer Guru, Blogger, Youtuber, Mentor Menulis Buku, Penyedia Aplikasi Raport, Aplikasi SKHU. Saya juga suka pada dunia Desain dan Enterpreunership.

Belum ada Komentar untuk "Jika engkau sedang malas menulis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel