iklan

Apa Tujuan Anda Menulis?

Menulis memang terlihat sebagai sebuah hal yang sederhana. Yah ada sesuatu yang ingin disampaikan, lalu ditulis dan dipublikasikan. Namun, sedikit orang yang memang benar-benar menulis dengan semangat, dan lebih sedikit lagi orang yang menulis dengan konsisten. Ternyata memotivasi diri sendiri untuk tetap menulis memang tidak mudah.

Yang menyebabkan orang menjadi tidak bersemangat dan tidak konsisten dalam menulis adalah mereka yang tidak tahu apa tujuan mereka menulis. Sebab ada dua tujuan dan motivasi seseorang itu ketika menulis. Ada yang hanya memiliki motivasi jangka pendek dan ada yang memang memiliki motivasi jangka panjang.

Contoh motivasi yang bersifat jangka pendek, seperti uang dan popularitas di mana motif ini dikatakan sebagai jangka pendek karena ingin didapatkan dengan cepat. Akibatnya banyak penulis pemula yang merasa kecewa karena setelah menulis berbulan-bulan lamanya tidak kunjung mendapatkan uang maupun popularitas yang diinginkan.

Sedangkan motivasi yang bersifat jangka panjang adalah mereka yang konsisten dalam menulis, mereka menulis dari hati, sehingga mencintai pekerjaan menulis itu. Mereka menulis walaupun tidak mendapatkan materi apapun. Motivasi jangka panjang ini antara lain adalah berbagi ilmu yang dilandasi semangat untuk beramal jariyah (amalan yang tidak akan pernah terputus pahalanya walaupun kita sudah tidak ada di dunia), mewariskan ilmu ke anak cucu, memanfaatkan waktu dengan baik, ingin mencerdaskan bangsa, yang bisa dirangkum dalam satu kata: tulus. Ya, tulus dalam menulis yang akhirnya dapat memberi kita rasa cinta untuk terus-menerus menulis.

Menulis merupakan kewajiban bagi semua orang yang berilmu dan berpendidikan untuk berkontribusi melalui rangkaian kata-katanya baik Anda seorang pebisnis, pemimpin, profesional, apalagi seorang yang bertugas sebagai pendidik. Menulis tidak selalu berkaitan dengan hal-hal yang ‘berat’, namun bisa juga menyampaikan nilai-nilai positif sederhana yang bisa diterapkan sehari-hari.

Yakinlah bahwa sependek atau sesedikit apapun tulisan kita, jika memang itu ditulis dari hati yang paling dalam untuk menyebarkan manfaat, maka tulisan itu akan berguna bagi banyak orang. Bukankah sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya?
Akhir kata, selamat menulis!

Guru Sunardi I am a teacher. Selengkapnya bisa lihat di halaman "About Me' di blog ini

Belum ada Komentar untuk "Apa Tujuan Anda Menulis?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel