iklan

MENJAGA PRODUKTIVITAS KERJA


Setiap orang punya pola-pola tersendiri dalam menyelesaikan pekerjaannya. Hal paling terkait dengan ini adalah waktu, bagaimana pekerjaan selesai tepat pada waktu yang diharapkan.

Demikian juga saya dalam menyelesaikan pekerjaan saya. Saya harus buat konten youtube, ngisi blog, buat sampul buku, editing dan layout naskah, nyusun materi pelatihan, dan mengajar. Saya harus mengaturnya dengan baik agar selesai tepat waktu.

Setiap kita memiliki waktu yang sama, hanya 24 jam sehari. Kita semua berlomba-lomba untuk mendapatkan hasil kerja yang optimal setiap harinya. Optimal maksudnya waktu bekerja singkat namun hasil kerjanya banyak. Dengan kata lain produktivitas kerja harus tinggi.

Lalu bagaimana caranya?

Berikut saya bagikan pengalaman saya dalam bekerja.

1. Buatlah target/daftar pekerjaan harian.
Apa yang ingin anda selesaikan hari ini catatlah. Lalu ceklis jika selesai. Di laptop atau PC terdapat aplikasi bawaan yang cukup baik untuk mencatat, yakni sticky. Silahkan gunakan aplikasi itu. Sangat membantu. Jika Anda mencatat pekerjaan harian anda, maka kita dapat menyeseuaikan waktu untuk menyelesaikannya pada hari itu juga.

2. Tandai pekerjaan mendesak/deadline di daftar pekerjaan bulananmu.
Selain daftar pekerjaan harian. Kamu juga perlu memiliki daftar pekerjaan bulanan. Disini kita mencatat pekerjaan yang deadline, agar bisa dimasukkan nantinya ke daftar pekerjaan harian kita.

3. Manfaatkan google doc atau aplikasi sejenis.
Aplikasi besutan google ini membuat saya tetap bisa menulis, meskipun sedang bepergian. Seperti tulisan ini saya selesaikan saat nginap di rumah orang tua. Saat itu saya tidak bawa laptop. Jadi saya hanya memanfaatkan google doc di smartphone saya. Ini akan tersave secara otomatis, dan kita bisa buka kembali di PC/Laptop untuk editing dan penyelasaiannya. Jadi dimanapun kamu berada bisa tetap produktif. Aplikasi lain pun bisa seperti office365 dan lainnya.

4. Biasakan menuntaskan satu pekerjaan sebelum melangkah ke pekerjaan lain.
Ini penting untuk membuat kita lebih focus dalam bekerja. Metode multitasking (mengerjakan banyak hal dalam satu waktu) yang kebanyakan orang lakukan tidak berlaku untuk semua orang, termasuk untuk diri saya sendiri, mungkin juga anda. Karena saat multitasking waktu saya banyak terpakai hanya untuk menyesuaikan pekerjaan lanjutan saya. Saya sering mencocokkan, sampai di mana tadi yah pekerjaan saya, di mana batasnya, apa sudah benar disini dan seterusnya. Dan itu hanya menyedot waktu saya.

Itulah beberapa cara saya untuk menjaga produktivitas saya. Selain 3 hal di atas ada hal yang tak kalah pentingnya yakni "skill pribadimu" yang menunjang kerjamu, terus tingkatkan.
Guru Sunardi Guru, Trainer Guru, Blogger, Youtuber, Mentor Menulis Buku, Penyedia Aplikasi Raport, Aplikasi SKHU. Saya juga suka pada dunia Desain dan Enterpreunership.

Belum ada Komentar untuk "MENJAGA PRODUKTIVITAS KERJA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel