iklan

Rapat Koordinasi Dewan Pendidikan Kota Makassar Tahun 2021


Alhamdulillah hari ini (Selasa, 25 Mei 2021), saya diberi kesempatan untuk hadir dalam Rapat Koordinasi Pendidikan Kota Makassar, yang dilaksanakan oleh Dewan Pendidikan Kota Makassar. Saya bersama sepuluh orang teman hadir mewakili calon guru penggerak.

Dalam Sambutannya Panitia Pelaksana menyampaikan bahwa ini adalah kali pertama Rakor dengan konsep seperti ini di Kota Makassar. Dimana dilaksanakan Rakor dengan menghadirkan narasumber berkompoten, dan dihadiri oleh peserta dari Stakeholder Pendidikan.

Kegiatan yang dihadiri 200 orang ini dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

Bertindak sebagai Keynote Speaker Bapak Walikota Makassar Ir. H. Ramdhan Pomanto. Dalam sambutannya beliau tetap melanjutkan 18 Revolusi Pendidikan dan 3 (tiga) program penting pendidikan yaitu:

a. Sekolah terintegrasi 9 tahun

Ini sebagai upaya mengurangi angka putus sekolah utamanya dari SD ke SMP. Juga mengurangi masalah yang muncul saat penerimaan murid baru. Sekolah terintegrasi mestinya memudahkan anak dari kelas 6 langsung ke kelas 7 tanpa harus pindah sekolah ataupun melalui proses PPDB yang kadang ruwet. Salah satu caranya, SD harus menyiapkan SMP dalam lingkungan sekolahnya atau sebaliknya.

b. Hybridisasi Sekolah

Yakni menjadikan sekolah yang bisa belajar secara online dan sekaligus bisa belajar luring di kelas-kelas. Ini akan menambah jumlah anak ayang bisa sekolah, juga sebagai bagian dari merdeka belajar dan melek teknologi 4.0.

c. Outing class

Perlunya anak-anak dibawa belajar di luar kelas. Di tempat bersejarah, di tempat industri dll. Agar anak dapat terbuka wawasannya dan melihat ke masa depan.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini Bapak Prof Aris Munandar (Akademisi Pendidikan UNM), membahas integrasi sekolah 9 tahun. Kadis Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan dan Kepala LPMP Sulawesi Selatan.

Sebuah kebahagian tersendiri dapat hadir dalam rakor dan diskusi pendidikan ini.

Jaya selalu Pendidikan Kota Makassar. Maju terus Pendidikan Sulawesi Selatan dan Indonesiaku


Guru Sunardi Guru, Trainer Guru, Blogger, Youtuber, Mentor Menulis Buku, Penyedia Aplikasi Raport, Aplikasi SKHU. Saya juga suka pada dunia Desain dan Enterpreunership.

Belum ada Komentar untuk "Rapat Koordinasi Dewan Pendidikan Kota Makassar Tahun 2021"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel