iklan

Ice Breaking Ganjl Genap

Kali ini saya mau menuliskan salah satu ice breaking yang saya peroleh dalam sebuah pelatihan. Perlu saya tuliskan sebab jika tidak maka ilmu ini mudah hilang, apa lagi jika saya jarang mempraktekkannya di murid-murid saya. Imam Ali r.a mengatakan hendaklah ilmu itu diikat dengan tulisan, agar ia tidak mudah hilang.

Ice breaking merupakan hal yang penting untuk mengembalikan posisi normal otak untuk menerima materi pelatihan/pelajaran selanjutnya. Memperkaya diri dengan ice breaking itu bagus, apalagi untuk seorang pengajar, agar anak didiknya tidak bosan saat di kelas.

Nah ice breaking kali ini namanya ice breaking ganjil genap, bagamana cara melakukannya?

Mula-mula setiap peserta mencari pasangan. Setelah mendapatkan pasangan, satu orang menjadi nomor ganjil satu orang lagi menjadi nomor genap. Nah mereka harus menghafalkan perannya, sebagai nomor ganjil dan genap.

Berikutnya instruktur akan memberikan soal matematika, dengan hasil ganjil dan atau genap. Jika jawabannya ganjil, maka peserta dengan nomor ganjil bertepuk tangan sedang peserta dengan nomor genap berbalik badan sambil melompat. Demikian juga sebaliknya jika jawabannya genap maka peserta nomor genap bertepuk tangan dan yang ganjil berbalik badan. Disinilah letak keseruanya, instruktur bisa saja memberikan sanksi bagi peserta yang telat apalagi salah bertepuk tangan atau salah berbalik badan.

Nah seperti itulah ice breaking ganjil genap, silahkan dipraktekkan ke peserta didik kita, agar mereka tidak jenuh belajar bersama dengan kita. 

Jika kamu punya ice breaking yang lain boleh sharing pada kolom komentar di bawah.

Salam Bahagia 


Guru Sunardi Guru, Trainer Guru, Blogger, Youtuber, Mentor Menulis Buku, Penyedia Aplikasi Raport, Aplikasi SKHU. Saya juga suka pada dunia Desain dan Enterpreunership.

Belum ada Komentar untuk "Ice Breaking Ganjl Genap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel