iklan

Beratnya sebuah Keikhlasan

Cerita hikmah berikut semoga menjadi ibroh (pelajaran) bagi kita, bahwa sungguh besar pahala yang akan diperoleh oleh orang yang ikhlas. Betapa tidak karena untuk dapat menjadi seorang yang ikhlas (mukhlisin) perlu perjuangan yang besar.

Di suatu daerah, terdapat sekelompok orang kaya bersepakat untuk membangun sebuah masjid, desain yang begitu mewah dan besar pun disepakatinya. Proses pembangunan di mulai.

Waktu berlalu berselang beberapa bulan, pembangunan masjid hampir rampung. Seorang Fulan yang lewat di depan masjid itu singgah lalu bertanya kepada sekelompok orang kaya yang kebetulan ada di masjid itu.

Si fulan bertanya “untuk apa bapak-bapak membangun masjid ini?”

Salah satu dari mereka menjawab. “Tentu saja kami ingin mendapatkan pahala yang besar dari sisi Allah SWT”

“Apa yang kami lakukan ini semata mengharap ridah Nya” jawab seorang kaya yg lain.

Si Fulan pun mengaminkan jawaban orang kaya tadi, lalu ia berlalu pergi. Namun di tengah jalan ia kepikiran untuk kembali menguji keikhlasan orang-orang kaya tersebut.

Si Fulan akhirnya memutuskan untuk memesan sebuah batu P\prasasti bertuliskan namanya. Ia hendak memasang di tembok masjid tersebut. Malam hari si Fulan pergi menempelkan di tembok masjid itu.

Keesokan harinya sekelompok orang kaya ini ribut dan bertanya siapa gerangan yang melakukan perbuatan ini. Setelah melihat nama di prasasti itu. Si Fulan pun dipanggil untuk mengklarifikasi.

"Mengapa engkau melakukan ini Fulan, bukankah kami yang membangun masjid ini?". "Lalu kenapa namamu yang harus dipasang?" Tanya seorang kaya dengan nada tinggi.

Fulan menjawab "bukankah bapak-bapak ini membangun masjid untuk Allah semata?, nama siapapun yang di pasang seharusnya bapak-bapak tidak perlu persoalkan".

Namun sekelompok bapak-bapak ini tetap tidak ridha jika nama Si Fulan yang terpasang.

Inilah sepenggal cerita hikmah, yang menunjukkan betapa berat sebuah keikhlasan itu. Karena itulah ganjaran orang yang ikhlas sangat besar di sisi Allah SWT. Bahkan di dalam Al Quran di sebutkan bahwa semua anak cucu Nabi Adam as akan di sesatkan oleh iblis kecuali orang-orang yang ikhlas (mukhlisin).

Wallahu a’lam
Guru Sunardi I am a teacher. Selengkapnya bisa lihat di halaman "About Me' di blog ini

Belum ada Komentar untuk "Beratnya sebuah Keikhlasan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel