iklan

Bagaimana membangun kebiasaan baik


Tulisan ini saya adaptasi dari buku "Atomic Habit" Karya James Clear. Dalam buku itu di ceritakan bahwa ada seorang guru melakukan penelitian. Guru itu membagi dua muridnya sama banyak. Satu kelompok di sebelah kiri dan satu kelompok di sebelah kanan. Kelompok kiri diberi tugas "kuantitas" yaitu membuat sebanyak-banyaknya karya seni rupa, sedangkan kelompok kanan diberi tugas "kualitas" yaitu membuat satu tugas saja yang terbaik.

Waktu berjalan, diakhir tahun kelompok kuantitas ternyata paling banyak mengumpulkan karya seni rupa terbaik dibandingkan kelompok kualitas. Penyebabnya adalah kelompok kuantitas, banyak melakukan kegiatan menggambar, melakukannya berulang kali, menemui berbagai kegagalan, dan tentunya menghasilkan banyak karya. Sedangkan kelompok kualitas tidak melakukan banyak aksi. Ia hanya banyak menghabiskan waktu untuk memikirkan bagaimana agar karyanya adalah karya yang sempurna. Mencari beberapa referensi bagaimana karya seni rupa yang sempurna. Namun akhirnya tidak menghasilkan karya, karena tidak banyak melakukan aksi.

Jadi aksi sangat berefek dalam membentuk sebuah kebiasaan, dari pada hanya sekedar merencanakan dan mempersiapkan. Hanya mereka yang beraksi yang akan menemui kegagalan dan memberinya pelajaran berharga, hanya mereka yang beraksi yang akan memperoleh hasil dari apa yang di kerjakannya.

Seorang penulis yang hanya sibuk mengumpulkan poin penting dari artikelnya tidak akan menghasilkan tulisan apa-apa. Dibanding penulis yang langsung meraih laptopnya menulis dan mempostingnya. Seorang yang ingin memperoleh tubuh ideal tidak akan berhasil jika hanya membaca artikel bagaimana meraih tubuh ideal, atau hanya menghabiskan waktu untuk diskusi dengan instrukturnya tentang bagaimana memperoleh tubuh yang ideal. Yang harus dilakukan adalah aksi berolahraga, hanya hal itulah yang akan memberikannya hasil yang ideal.

Demikianlah kira-kira inti bagaimana cara membangun kebiasaan, yaitu melakukan aksi berulang-ulang. Bukan sekedar merencanakan, mempersiapkan dan mempelajari bagaimana hasil yang baik. Tetapi langsung beraksi untuk meraih hasil

Guru Sunardi I am a teacher. Selengkapnya bisa lihat di halaman "About Me' di blog ini

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana membangun kebiasaan baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel