iklan

Mengenal Sistem Pendidikan Baru di tengah Pandemi

 

Tidak bisa dipungkiri, pendidikan ibarat mata pisau yang harus terus diasah agar dapat tajam membuka cakrawala impian. Dengan pendidikan, semua bisa digapai dengan mudah. Salah satu penunjang hal tersebut adalah fasilitas sistem pendidikan yang mendukung. Sayangnya di tengah pandemi seperti saat ini, sistem pendidikan pun turut berubah. Seperti apakah mengenal sistem pendidikan baru di tengah pandemi?

Pendidikan ibarat jalan keluar untuk menyongsong masa depan yang lebih baik. Dengan demikian, apapun kondisi suatu bangsa saat ini, pendidikan harus tetap ditegakkan. Sekalipun virus corona mencoba menghalangi perkembangan pendidikan di Indonesia, namun pemerintah tidak tinggal diam dengan melahirkan sistem pendidikan baru yang lebih adaptif.

Tidak ada yang menyangka, makhluk kecil hanya berukuran beberapa nano meter, yaitu virus Corona mampu mengubah semua tatanan kehidupan. Demikian juga dengan pendidikan di Indonesia yang turut berubah menjadi sistem pendidikan baru karena adanya pandemi tersebut. Dengan demikian, melahirkan konsep pendidikan yang adaptif dengan situasi dan kondisi seperti saat ini.

Sekilas Tentang Sistem Pendidikan

Sebelum mengetahui lebih banyak mengenai sistem pendidikan baru, alangkah baiknya jika mengetahui sistem pendidikan itu sendiri. Sistem Pendidikan merupakan komponen pendidikan yang berkaitan dengan lingkungan pada institusi pendidikan untuk melahirkan generasi yang lebih cerdas.

Komponen yang terkait dengan sistem pendidikan itu sendiri, meliputi siswa, pengajar atau guru dan lingkungan pada institusi pendidikan. Indonesia memiliki peraturan mengenai sistem pendidikan yang diatur dalam Undang-undang No. 2 tahun 1985. Dengan demikian, Indonesia memiliki sistem pendidikan Nasional yang terpadu.

Sayangnya, sejak pandemi ada di Indonesia, sistem pendidikan tersebut berubah melahirkan sistem pendidikan baru. Namun demikian tidak mengurangi tujuan utama pendidikan tersebut, untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh sebab itu, pendidikan tetap memiliki peranan utama sebagai bagian dari komponen pembangunan bangsa. Sistem Pendidikan Baru di Tengah Pandemi

Meskipun sistem pendidikan baru sedikit berubah karena adanya pandemi namun tetap mengutamakan kepentingan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Maka dari itu, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan sistem pendidikan yang baru ini.

Sistem pendidikan baru di tengah pandemi ini justru dimaksudkan agar pendidikan tersebut lebih adaptif dengan kondisi dan situasi pada saat ini. Sebagai contoh adanya pengajaran yang dilakukan secara daring. Meskipun menimbulkan polemik, namun hal tersebut bertujuan agar setiap siswa memiliki kesempatan untuk belajar meskipun tidak diperbolehkan untuk keluar rumah.

Dengan sistem pendidikan baru di tengah pandemi tersebut, tidak akan menyurutkan langkah para siswa agar tetap mendapatkan pendidikan. Sementara itu, siswa tersebut akan terlindungi dari penyebaran virus Corona yang saat ini telah memakan banyak korban.

Pengaruh Sistem Pendidikan Baru Terhadap Kemajuan Pendidikan Indonesia

Pemerintah mengeluarkan kebijakan terkait pendidikan, dengan sesempurna mungkin. Hal tersebut membuat sistem pendidikan baru memiliki pengaruh yang besar terhadap perubahan pendidikan agar pendidikan yang berlangsung di tengah pandemi tetap memiliki tujuan yang positif. Dalam artian bertujuan mencerdaskan bangsa dan memutus penyebaran virus Corona.

Dengan bangsa yang cerdas dapat membawa bangsa Indonesia menjadi lebih maju. Hal tersebut akan membuat Indonesia dapat keluar dari krisis multidimensional karena adanya pandemi tersebut. Maka dari itu, sistem pendidikan baru akan berpengaruh terhadap cara pandang bangsa Indonesiaakan suatu permasalahan.

Sistem pendidikan baru di Indonesia ini, berbasis pada teknologi. Dengan demikian akan berdampak positif pada siswa agar lebih adaptif terhadap teknologi. Dengan demikian, Indonesia tidak akan mengalami kemunduran teknologi seperti yang saat ini sedang terjadi. Dimana banyak negara di Asia yang selangkah lebih maju dalam bidang teknologi.

Sebut saja Jepang, Jepang mampu bangkit dari keterpurukannya sejak perang dunia ke-II. Meskipun tidak bertujuan untuk menyerupai Jepang namun sistem pendidikan baru akan mampu membawa perubahan terhadap paradigma dan juga semua instituisi pendidikan agar menerapkan pendidikan yang lebih modern dan adaptif, terlebih di tengah pandemi ini.

Pengaruh sistem pendidikan baru saat pandemi ini secara langsung mempengaruhi perilaku siswa. Saat ini komunikasi siswa hanya bisa dilakukan secara virtual. Meskipun sistem pendidikan tersebut berbasis teknologi, namun sistem pendidikan tersebut membuat jurang pemisah antar siswa untuk bersosialisasi dengan yang lainnya.

Berdasarkan hal tersebut, bisa ditarik benang merah bahwa sistem pendidikan baru ini yang mulai diberlakukan saat pandemi memiliki pengaruh positif dan negatif terhadap perkembangan siswa tersebut. Di satu sisi lebih paham akan teknologi, melalui pengajaran secara daring dan penggunaan gadget. Namun di sisi lain, berdampak pada berkurangnya siswa tersebut untuk bersosialisasi.

Adanya sistem pendidikan baru di tengah pandemi ibarat buah simalakama, yaitu di satu sisi dapat menjerumuskan namun di sisi lain dapat menyelamatkan. Namun pastinya sistem pendidikan tersebut bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Meskipun di tengah pandemi namun siswa tersebut harus tetap mendapatkan pendidikan yang layak.

Guru Sunardi Guru, Trainer Guru, Blogger, Youtuber, Mentor Menulis Buku, Penyedia Aplikasi Raport, Aplikasi SKHU. Saya juga suka pada dunia Desain dan Enterpreunership.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Sistem Pendidikan Baru di tengah Pandemi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel