iklan

Isi Kandungan Al Quran

Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al Quran, sebagaimana firman Allah SWT

شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٍ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ ۚ

Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Q.S. Al-Baqarah 185.

Alquran diturunkan oleh Allah SWT sekaligus dari lauhul Mahfud ke langit dunia (baitul izzah) sekaligus 114 surah. Ini sesuai firman Allah SWT:

اِنَّاۤ اَنۡزَلۡنٰهُ فِىۡ لَيۡلَةِ الۡقَدۡرِ

sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan

Kemudian dari Baitul Izzah diturunkan oleh Allah melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW, sesuai kebutuhan manusia. Dan berlangsung selama 23 tahun

Alquran adalah mikjizat terbesar Nabi Muhammad, untuk dijadikan petunjuk bagi semua manusia. Al Quran adalah kitab suci, tak satupun makhluk dapat membuat surat yang menyamai Al Quran. Allah menantang orang-orang yang mau membuat surat menyerupai Al quran dalam Firmannya Fa'tu bisuratin min mitsli maka datangkanlah satu surah yang menyamainya.

Lalu apa saja Kandungan Al quran itu, paling tidak ada 7 kandungan Al Quran yang kita bahas dalam artikel ini

Pertama Aqidah >>> bahwa tuhan itu satu, tuhan tidak beranak dan tidak diperanakkan

Kedua Alquran mengatur Ibadah dan Muamalah, firman Allah SWT

وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ وَلَا تَعَاوَنُوْا عَلَى الْاِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۖوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعِقَابِ

"Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksaan-Nya."(QS Al-Maidah: 2)

Ketiga Alquran mengatur tentang Hukum>>>halal,haram,

Keempat Al Quran banyak membicarakan sejarah

Kelima Al Quran mengandung Ilmu Pengetahuan>>>

اِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَاخْتِلَافِ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَاٰيٰتٍ لِّاُولِى الْاَلْبَابِۙ

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal”.

Kedua, Surah Al-Mukminun ayat 12-14 tentang penciptaan manusia

“Dan sesungguhnya Kami telah menciptaka manusia dari saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang-belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Suci Allah, Pencipta Yang Paling Baik,”

Keenam al quran membahas Akhlaq

وَلَا تَمْشِ فِى ٱلْأَرْضِ مَرَحًا ۖ إِنَّكَ لَن تَخْرِقَ ٱلْأَرْضَ وَلَن تَبْلُغَ ٱلْجِبَالَ طُولًا

"Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung". QS. Al-Isra ayat 37

إِنَّ ٱلْمُبَذِّرِينَ كَانُوٓا۟ إِخْوَٰنَ ٱلشَّيَٰطِينِ ۖ وَكَانَ ٱلشَّيْطَٰنُ لِرَبِّهِۦ كَفُورًا

"Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya"

Ketujuh Alquran adalah Obat

قُلْ هُوَ لِلَّذِيْنَ آمَنُوا هُدًى وَشِفَاءٌ وَالَّذِيْنَ لاَ يُؤْمِنُوْنَ فِي آذَانِهِمْ وَقْرٌ وَهُوَ عَلَيْهِمْ عَمًى أُولَئِكَ يُنَادَوْنَ مِنْ مَكَانٍ بَعِيْدٍ

Artinya: “Katakanlah: ‘Al-Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang yang beriman. Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, sedang Al-Qur`an itu suatu kegelapan bagi mereka. Mereka itu adalah (seperti) orang-orang yang dipanggil dari tempat yang jauh’.” (QS Fushshilat: 44).

Demikianlah kemulian Al Quran, dan Allah akan senantiasa menjaganya di muka bumi ini sampai yaumul qiyamah. Al quran akan terus dicetak dalam huruf latin saja, dikontrol oleh pemerintah, ulama. Allah akan memudahkan hambanya untuk menghafal al quran. Rumah tahfidz semakin banyak. Ini dalam rangka Allah menjaga Al Quran.

Lalu bagaimana sikap kita seharusnya terhadap al quran?

Pertama memuliakannya, menempatkan ditempat yang layak

Senantiasa membaca Al Quran

إِنَّ أَفْضَلَكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

“Sesungguhnya orang yang paling utama di antara kalian adalah yang belajar Al-Qur`an dan mengajarkannya.

Ketiga menghafalkannya

Keempat Mempelajarinya

Kelima Mengamalkannya

Guru Sunardi Guru, Trainer Guru, Blogger, Youtuber, Mentor Menulis Buku, Penyedia Aplikasi Raport, Aplikasi SKHU. Saya juga suka pada dunia Desain dan Enterpreunership.

Belum ada Komentar untuk "Isi Kandungan Al Quran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel