iklan

Membuat Video Pembelajaran di Masa Pandemi


Insya Allah sekolah akan dibuka terbatas pada tahun ajaran 2021/2022, tepatnya bulan juli 2021 mendatang. Sekolah akan dibuka secara terbatas, bagaimana teknisnya tentu kita menunggu surat edaran dari dinas terkait. 

Karena ketidakpastian pandemi inilah guru harus selalu punya inovasi bagaimana membelajarkan anak di rumah agar sama seperti guru mengajar di kelas. Tujuannya agar anak tidak bosan dan dapat lebih mengerti pelajaran.

Karena konten pelajaran yang baik dan menarik untuk anak haruslah memuat visual, audio dan gerak (animasi). Dan itu hanya bisa ditemukan melalui video pembelajaran. Jadi guru harus mencoba membuat video pembelajaran untuk anak didiknya. 

Nah pada tulisan ini, saya ingin berbagi seputar bagaimana membuat video pembelajaran dan aplikasi apa saja yang digunakan untuk membuat video pembelajaran tersebut.

1. Jenis Video

Pada dasarnya video ada 3 yaitu:

a. video pembelajaran yang hanya menampilkan materi saja

b. video pembelajaran yang menampikan materi dan suara saja

c. video pembelajaran yang menampilkan materi, suara dan gurunya

2. Aplikasi yang diperlukan

Banyak aplikasi edit video yang bisa didownload, baik untuk PC maupun untuk HP (di Play Store). Tinggal kita mau memilih yang mana. Dalam tulisan ini saya merekomendasikan bandicam. 

Aplikasi bandicam bisa di download DI SINI.

Kenapa saya merekomendasikan ini? Karena aplikasi ini bisa merekam materi, rekam suara, rekam video sekaligus. Saya belum menemukan aplikasi lain yang all in one seperti ini.

3. Cara membuatnya:

Setiap guru memiliki cara tersendiri dalam membuat video pembelajaran tergantung kreatifitasnya. Namun yangsering saya lakukan adalah:

a. membuat materi pelajaran melaui powerpoint. Materi ini haruslah memuat pembuka, tujuan pembelajaran, materi, tugas latihan dan penutup

b. mengisi suara dan gambar serta memadukannya dengan materi pelajaran. Ini menggunakan aplikasi perekan suara/gambar.

c. upload ke youtube dan bagikan linknya ke murid-murid kita

Selesai

Demikian tulisan ini semoga bermanfaat


Contoh-contoh video pembelajaran dapat dilihat di sini

Guru Sunardi Guru, Trainer Guru, Blogger, Youtuber, Mentor Menulis Buku, Penyedia Aplikasi Raport, Aplikasi SKHU. Saya juga suka pada dunia Desain dan Enterpreunership.

Belum ada Komentar untuk "Membuat Video Pembelajaran di Masa Pandemi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel