iklan

Bagian-bagian Rumah Adat atau Ballak Lompoa ri Gowa

www.gurusunardi.com - Dalam bahasa makassar rumah artinya ballak. Rumah Adat di Gowa disebut Ballak Lompoa Ri Gowa yang berarti Rumah Agung di Kabupaten Gowa.

Hingga kini Rumah Adat di Gowa tetap berdiri kokoh di tengah Kota Sungguminasa Kabupaten Gowa. Aku kebetulan setiap hari lewat di jalan raya yang ada di depan Rumah Adat Gowa ini, ketika hendak ke tempat mengajar.


Masyarakat Kabupaten Gowa hingga kini masih banyak yang menggunakan rumah panggung yang bentuknya diadopsi dari Rumah Adat Gowa. Karena bentuknya mirip maka secara umum bagian-bagian rumahnya pun hampir sama dengan bagian rumah Adat Gowa.


Keberadaan rumah panggung ini dari tahun ke tahun makin berkurang, orang-orang banyak mengubahnya ke rumah batu/ atau ballak rawa. Riset sedrhana yang saya lakukan penyebabya adalah karena bahan kayu untuk membuat rumah panggung sudah sulit diperoleh, akibatnya hanrganya juga mahal. Masyarakat lebih memilih membangun rumah dari batu bata.


Lalu apa saja bagian-bagian Rumah Adat di Gowa?


Bagian kolom rumah namanya siring. Didalam siring itu terdapat banyak tiang-tiang rumah yang disebut benteng, lalu untuk memperkuat tiang-tiang ini di hubungkan oleh balok-balok persegi panjang, yang sekaligus berfungsi sebagai penyangga yang disebut pallangga.


Kemudian kita naik ke rumah akan melewati tangga rumah yang disebut tukak, diujung tangga kita akan memasuki teras rumah depan yang disebut dengan paladang atau dego-dego.


Lalu kita memasuki bagian dalam rumah yang disebut kale ballak. Kale ballak atau badan rumah ini terdiri atas tiga bagian. Bagian depan disebut paddaserang dallekang. Bagian tengah disebut paddaserang tangnga, dan badan rumah belakang yang disebut paddaserang ri boko. Kemudian setelah badan rumah bagian belakang biasa juga disambung dengan tempat untuk memasak yang disebut ballak pallu.


Di dalam badan rumah langit-langitnya disebut sambulayang. Di atas sambulayang itu kemudian terdapat pula pammakkang di bagian atas rumah, yang berfungsi untuk menyimpan gabah atau padi yang punya rumah, persiapan pangan beberapa bulan ke depan.


Nah selanjutnya kita coba keluar rumah, di halaman rumah kita akan melihat kepala rumah yang disebut uluk ballak yang bentuknya segitiga. Dari kepala rumah ini akan diletakkan atap dari depan kebelakang yang disebut pattongko. Atap ini biasanya terbuat dari daun nipah, namun kini sudah banyak yang menggunakan atap seng.


Demikian sedikit penjelasan tentang Rumah Adat Gowa dan rumah panggung masyarakat Gowa. Semoga bermanfaat.

Guru Sunardi Guru, Trainer Guru, Blogger, Youtuber, Mentor Menulis Buku, Penyedia Aplikasi Raport, Aplikasi SKHU. Saya juga suka pada dunia Desain dan Enterpreunership.

Belum ada Komentar untuk "Bagian-bagian Rumah Adat atau Ballak Lompoa ri Gowa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel