iklan

Tips memilih pekerjaan sampingan

Tips memilih pekerjaan sampingan

Judulnya terasa unik yah...kerjaan sampingan. Yah, pekerjaan yang ada selain pekerjaan utama. Banyak orang yang melakukan hal ini tak terkecuali guru.

Mengapa orang melakukan ini, yah alasannya berbeda setiap orang. Intinya untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Jika lagi scrool beranda facebook, banyak teman-teman guru yang jualan online. Yang dijual macam-macam mulai dari pakaian sampai makeup. Mulai dari yang konsisten sampai yang musiman. Pokoknya banyak deh….sayapun temasuk didalamnya.

Apakah ini salah? Tentu tidak, sepanjang halal dan tidak merugikan orang lain. Hanya saja beberapa tips ini perlu diperhatikan tatkala memilih pekerjaan sampingan

1. Sesuaikan dengan pekerjaan utama Anda

Mengapa harus sesuai dengan pekerjaan utama?. Agar kita tidak mulai belajar dari awal lagi. Misalnya, Seorang yang pekerjaan utamanya adalah penulis  dapat bekerja sampingan sebagai editor buku. Selain menghasilkan bukunya sendiri, juga dapat mengedit buku orang lain

2. Sesuaikan dengan hobi anda

Pekerjaan yang disukai akan bertahan lebih lama dibanding dengan pekerjaan yang bukan hobby. Rasa bosan adalah sesuatu yang menjadi musuh utama, sesorang untuk meninggalkan pekerjaannya. Misalnya guru yang hobby motor dapat menjual onderdil motor dsb.

3. Pilih pekerjaan dengan penghasilan langsung

Utamakan pekerjaan yang bisa menghasilkan secara cash/langsung. Supaya oekerjaan itu dapat membantu belanja harian kita. Mengingat pekerjaan utama kita, pendapatannya bulanan. Jadi jika pekerjaan sampingan bisa cash, maka itu dapat digunakan sebagai belanja harian. Jangan biarkan pendapatan/gaji kerjaan sampingan kita tertunda. Karena bisa jadi itu hanya akan menguras pikiran dan menambah stres kita.

4. Tidak mengganggu waktu pekerjaan utama.

Sebesar apapun penghasilan kita dari pekerjaan sampingan, jangan sampai menganggu pekerjaan utama. Apalagi jika status anda adalah pegawai tetap disebuah perusahaan. Karena dari perusahaan itulah kita hidup, akan lebih berberkah jika fokus di sana. Atur sedemikian rupa agar pekerjaan sampingan tidak mengganggu pekerjaan utama. Jika hal ini tidak bisa dilakukan maka lebih baik memilih satu, Misalnya fokus di pekerjaan sampingan saja.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat. Sebelumnya saya ucapakn terima kasih telah berkunjung ke blog ini.


Guru Sunardi Guru, Trainer Guru, Blogger, Youtuber, Mentor Menulis Buku, Penyedia Aplikasi Raport, Aplikasi SKHU. Saya juga suka pada dunia Desain dan Enterpreunership.

Belum ada Komentar untuk "Tips memilih pekerjaan sampingan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel