iklan

Cara membuat sertifikat otomatis di microsoft word


Tulisan ini bermaksud untuk membantu teman-teman yang sering menjadi panitia pelatihan khususnya mereka yang ditugaskan mengurusi sertifikat. 

Selain itu agar ilmu atau keterampilan ini tidak hilang dan mudah saya ingat maka saya tuliskan di blog ini.


Jika selama ini kamu sering mengetik satu sertifikat untuk satu orang maka, dengan teknik ini tidak seperti itu lagi.


Kamu hanya perlu mengetik nomor urut, nama peserta dan asal peserta di lembar excel. Selanjutnya kamu tinggal mengetik nomor urutnya di word/sertifikat, lalu enter maka sertifikatnya sudah jadi.


Demikian seterusnya hanya mengetik nomor urut.


Berikut langkah-langkahnya:


Pertama, buat daftar peserta di lembar kerja excel memuat nomor, nama peserta, dan adal peserta seperti pada gambar di bawah ini:



Kedua, pasang tempalate sertifikatnya di lembar word. Sebelumnya kamu sudah harus punya desain sertifikat, boleh langsung buat di word tadi, boleh dalam bentuk jpg yang didesain di aplikasi lain misalnya di photosop atau ppt, lalu di tempel ke word. Saat ditempel kamu harus mengaturnya dalam bentuk latar belakang (send to back), seperti pada gambar berikut:



Ketiga, hubungkan word dengan daftar peserta yang ada di lembar kerja excel tadi dengan cara: (a) buka mailings (b) select recipients (c) use an exiting list, kemudian arahkan kemana file excel dafatar peserta tadi disimpan (d) siap di cetak berdasarkan nomor urut yang diketik.



jika use an exiting list di atas di klik maka akan muncul gambar seperti di bawah ini. Silahkan telusuri file excelnya disimpan di drive mana



Demikian tutorial cara membuat sertifikat otomatis ini mudah-mudahan bermanfaat. Selamat mencoba


Guru Sunardi Guru, Trainer Guru, Blogger, Youtuber, Mentor Menulis Buku, Penyedia Aplikasi Raport, Aplikasi SKHU. Saya juga suka pada dunia Desain dan Enterpreunership.

Belum ada Komentar untuk "Cara membuat sertifikat otomatis di microsoft word"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel