iklan

Cara mengatur keuangan untuk pengantin baru


Bagi pasangan yang baru berkeluarga. Hal pertama yang dipikirkan adalah membangun rumah sendiri. Walaupun beberapa pasangan sudah memiliki rumah sebelum menikah, apakah itu dari usahanya sendiri atau warisan dari orang tuanya. Namun cukup banyak pasangan yang harus mengadakkannya sendiri. Ada yang butuh waktu setengah tahun untuk membangun rumah sendiri, satu tauhun, dua tahun, tiga tahun atau bahkan lebih. Tergantung kemampuan mengusahakannya.

Kapan idealnya mempunyai rumah sendiri?

Tentu jawabannya lebih cepat lebih baik, asal jangan dipaksakan. Semua harus direncanakan terlebih dahulu dan dipikirkan konsekuensinya.


Bagaimana caranya agar segera punya rumah sendiri?

Pengalaman saya dan masukan beberapa relasi yang lebih senior, menyarankan agar kredit hanya untuk beli rumah saja. Jangan yang lain, rumahlah yang paling prioritas.


Jangan beli mobil dengan kredit, karena harga mobil bekas cenderung turun sementara bunga kredit itu rata-rata di atas 50 persen dari harga aslinya. Misalnya harga mobil 200 juta, maka jika dikredit akumulasinya bisa sampai 250 juta, bahkan lebih. Kebayang kan berapa budget yang harus kamu keluarkan tiap bulan.


Lain halnya jika kita membeli rumah, tidak akan rugi, bahkan selain dapat langsung ditempati rumah kita juga akan menjadi investasi bagi kita. Setiap tahun harganya naik, dan akan seiring dengan akumulasi kredit kita. Bahkan akan lebih, jadi jika memang dibutuhkan maka tidak masalah kredit rumah. Yang penting sudah direncanakan dan dipikirkan konsekuensinya.


Sejahtera artinya pendapatan lebih besar dari pengeluaran. Jadi silahkan terlebih dahulu mengkalkulasi pendapatan suami dan istri per bulannya. Catat. Kemudian kalkulasi juga pengeluaran tiap bulannya. lalu catat juga. Ingat pendapatan harus lebih besar dari pengeluaran. 


Jika ternyata pengeluaran masih lebih besar maka usahakan menambah pundi-pundi penghasilan, tak penting besarnya yang penting ada dan lancar. Banyak usaha rumahan bisa dijalankan saat ini. Misalnya online shop, loundry, loket listrik online, warung bahan campuran, dan jualan apalah yang bisa menghasilkan. Dengan demikian semoga penghasilan bisa lebih besar dari pengeluaran.


Masih belum bisa, pengeluaran masih lebih besar?. 

Coba cek kembali catatan pengeluaran. Hapus semua pengeluaran yang tidak penting, bedakan kebutuhan dan keinginan. Pastikan semua pengeluaran untuk kebutuhan saja.


Setelah tahapan ini dilakukan saya yakin "pendapatan akan lebih besar dari pengeluaran".


Selanjutnya adalah menabung untuk persiapan panjar rumah. Fokus kumpulkan panjar rumah. Tidak perlu dulu poskan untuk tabungan lain fokus di tabungan panjar rumah. Setelah panjar dirasa cukup. Silahkan cari rumah yang diinginkan, tentu harus dipertimbangkan lokasi, luas rumah, jarak. Pokoknya pilih senyaman mungkin.


Kini anda sudah punya rumah sendiri meskipun masih kredit. Saya juga yakin anda akan lebih semangat untuk mencari uang guna pembayaran kredit bulanan.


Guru Sunardi Guru, Trainer Guru, Blogger, Youtuber, Mentor Menulis Buku, Penyedia Aplikasi Raport, Aplikasi SKHU. Saya juga suka pada dunia Desain dan Enterpreunership.

Belum ada Komentar untuk "Cara mengatur keuangan untuk pengantin baru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel